Apa itu server


APA ITU SERVER

Server adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang menerima dan menanggapi permintaan yang dilakukan melalui jaringan. Perangkat yang mengajukan permintaan, dan menerima respons dari server, disebut klien. Di Internet, istilah "server" biasanya mengacu pada sistem komputer yang menerima permintaan untuk dokumen web, dan mengirimkan informasi yang diminta kepada klien.

Baca Juga :


Untuk apa server digunakan?


Server digunakan untuk mengelola sumber daya jaringan. Misalnya, pengguna dapat mengatur server untuk mengontrol akses ke jaringan, mengirim / menerima email, mengelola pekerjaan cetak, atau meng-host situs web. Mereka juga mahir melakukan perhitungan yang intens. Beberapa server berkomitmen untuk tugas tertentu, sering disebut sebagai dedicated. Namun, banyak server saat ini adalah server bersama yang dapat mengambil tanggung jawab email, DNS, FTP, dan bahkan beberapa situs web dalam hal server web.


Mengapa server selalu aktif?


Karena mereka biasanya digunakan untuk memberikan layanan yang terus-menerus diperlukan, sebagian besar server tidak pernah dimatikan. Akibatnya, ketika server gagal, mereka dapat menyebabkan pengguna jaringan dan perusahaan banyak masalah. Untuk mengatasi masalah ini, server biasanya diatur agar tahan terhadap kesalahan.

Contoh server:



  • Application server
  • Blade server
  • Cloud server
  • Database server
  • Dedicated server
  • Domain name service
  • File server
  • Mail server
  • Print server
  • Proxy server
  • Standalone server
  • Web server

Bagaimana komputer lain terhubung ke server?


Dengan jaringan lokal, server terhubung ke router atau switch yang digunakan semua komputer lain di jaringan. Setelah terhubung ke jaringan, komputer lain dapat mengakses server dan fitur-fiturnya. Misalnya, dengan server web, pengguna dapat terhubung ke server untuk melihat situs web, mencari, dan berkomunikasi dengan pengguna lain di jaringan.

Server Internet bekerja dengan cara yang sama seperti server jaringan lokal, tetapi dalam skala yang jauh lebih besar. Server diberikan alamat IP oleh InterNIC, atau oleh host web.

Biasanya, pengguna terhubung ke server menggunakan nama domainnya, yang terdaftar dengan pendaftar nama domain. Ketika pengguna terhubung ke nama domain (seperti "computerhope.com"), nama tersebut secara otomatis diterjemahkan ke alamat IP server oleh resolver DNS.

Nama domain membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk terhubung ke server, karena nama itu lebih mudah diingat daripada alamat IP. Juga, nama domain memungkinkan operator server untuk mengubah alamat IP server tanpa mengganggu cara pengguna mengakses server. Nama domain selalu dapat tetap sama, bahkan jika alamat IP berubah.


Di mana server disimpan?

Dalam lingkungan bisnis atau perusahaan, server dan peralatan jaringan lainnya sering disimpan di lemari atau rumah kaca. Area-area ini membantu mengisolasi komputer dan peralatan yang sensitif dari orang-orang yang seharusnya tidak memiliki akses ke sana.

Server yang jauh atau tidak di-host di situs berada di pusat data. Dengan jenis server ini, perangkat keras dikelola oleh perusahaan lain dan dikonfigurasi dari jarak jauh oleh Anda atau perusahaan Anda.


Bisakah komputer saya menjadi server?

jawabanya adalah iya. Komputer apa pun, bahkan desktop rumah atau komputer laptop, dapat bertindak sebagai server dengan perangkat lunak yang tepat. Misalnya, Anda dapat menginstal program server FTP di komputer Anda untuk berbagi file antara pengguna lain di jaringan Anda.


Meskipun komputer rumah Anda dapat bertindak sebagai server, ingatlah gagasan berikut.



  • Komputer Anda dan perangkat lunak server terkait harus selalu berjalan agar dapat diakses.
  • Saat komputer Anda bertindak sebagai server dan digunakan oleh orang lain, sumber dayanya (mis., Pemrosesan dan bandwidth) akan diambil dari apa yang Anda miliki untuk melakukan hal-hal lain.
  • Menghubungkan komputer ke jaringan dan Internet dapat membuka komputer Anda ke jenis serangan baru.
  • Jika layanan yang Anda berikan menjadi populer, komputer biasa mungkin tidak memiliki sumber daya yang diperlukan untuk menangani semua permintaan.


Tahukah kamu?

server www pertama dibuat di cerm pada tahun 1990

Mail-kun
Mail-kun Apa ya?

No comments for "Apa itu server"

Berlangganan via Email