Bagaimana hacker meretas smartphone menggunakan sms


Hai sobat kepo, ada banyak cara yang digunakan oleh Hacker,  sebagian metode ada yang mudah dan sebagian lainnya ada yang sulit. Tetapi karena banyak cara tidak diketahui orang kecuali Hacker, metode ini sering digunakan. Salah satu metode tersebut adalah meretas telepon menggunakan SMS. Peneliti cybersecurity telah mengungkapkan kerentanan kritis dan tidak terdeteksi dalam kartu SIM yang dapat memungkinkan Hacker mengakses smartphone hanya dengan mengirim SMS.

Baca Juga :




Dikenal sebagai "SIMJacker" kerentanan terletak pada area spesifik dari perangkat lunak, bernama "S @ T Browser." Browser ini terpasang ke sebagian besar kartu SIM yang digunakan oleh operator seluler di setidaknya 31 negara. Terlepas dari jenis ponsel yang digunakan korban, siapa pun dapat meretas ponsel cerdas melalui SMS.

S @ T Browser adalah singkatan dari SIMalliance Toolbox Browser, yang merupakan aplikasi yang dipasang di hampir setiap kartu SM sebagai bagian dari SIM Tool Kit. Secara umum, ia menawarkan layanan dasar bagi pengguna, layanan bernilai, dan berlangganan ke pelanggan. Browser berisi serangkaian instruksi seperti pengaturan panggilan menyediakan data lokal, menjalankan perintah, mengirim pesan singkat, meluncurkan browser, dan mengirim data. Perangkat lunak ini dapat dieksploitasi untuk mengirim SMS, yang juga dapat menjalankan perintah berbahaya pada ponsel.

Menurut laporan penelitian terbaru oleh AdaptiveMobile Security, modem GSM $ 10 digunakan untuk mengeksploitasi kerentanan dalam kartu SIM.

Foto
"Kami percaya kerentanan ini telah dieksploitasi setidaknya selama 2 tahun terakhir oleh aktor ancaman yang sangat canggih di banyak negara, terutama untuk pengawasan," kata peneliti keamanan dari AdaptiveMobile Security dalam sebuah laporan.

Begini Cara kerjanya:


Langkah 1: Penyerang mengirim SMS berbahaya, yang secara khusus dibuat, yang terdiri dari kode biner (kode yang mirip spyware) seperti spyware di ponsel yang ingin diretas.



Langkah 2: Saat menerima SMS, perangkat diretas segera setelah orang tersebut mengklik tautan jahat yang diberikan dalam SMS.
Foto

Langkah 3: Peretas mendapatkan akses lengkap ke telepon dan dapat melakukan tindakan apa pun melalui akses jarak jauh.

Langkah 4: Peretas mengakses lokasi ponsel yang dipantau dan hal-hal dasar lainnya seperti kunci layar, baterai, bahasa, tema, dan lainnya.



target yang ponselnya diretas tidak mengetahui fakta bahwa semua informasi telah diambil. Serangan SIMJacker mengambil keuntungan dari antarmuka yang kompleks dan teknologi yang tidak jelas, untuk menunjukkan bahwa pertahanan yang ada tidak dapat diandalkan. Perlu dicatat bahwa sementara beberapa perintah, seperti mendapatkan lokasi perangkat, tidak memerlukan interaksi pengguna, dan tidak ada bukti visual dari serangan itu, yang lain, seperti membuat panggilan, memang memerlukan beberapa interaksi pengguna di ponsel telepon.

Peretas dapat mengeksploitasi kelemahan untuk:

  • mengambil lokasi perangkat yang diretas dan informasi IMEI
  • menyebarkan informasi yang salah dengan mengirim pesan palsu atas nama orang yang dituju
  • melakukan penipuan tarif premium dengan memutar nomor tarif premium
  • Memata-matai lingkungan para korban dengan menginstruksikan perangkat untuk memanggil nomor telepon penyerang
  • menyebarkan malware dengan memaksa browser ponsel untuk membuka halaman web berbahaya
  • melakukan penolakan serangan layanan dengan menonaktifkan kartu SIM
  • mengambil informasi lain seperti bahasa, tipe radio, level baterai, dll.

Satu-satunya kabar baik adalah bahwa serangan itu tidak bergantung pada pesan SMS biasa, tetapi kode biner yang lebih kompleks dikirimkan sebagai SMS, yang berarti operator jaringan harus dapat mengonfigurasi peralatan mereka untuk memblokir data seperti itu yang melintasi jaringan mereka dan menjangkau perangkat klien.

Namun, menerima SMS yang waspada dapat membuat orang yang dituju curiga terhadap malware. Jadi, jika Anda ingin meretas telepon seseorang dalam mode sembunyi-sembunyi, Anda perlu solusi lain.

Metode Alternatif

Aplikasi mata-mata seluler telah menjadi lazim saat ini. Dengan kemajuan teknologi, sekarang kalian dapat meretas telepon seseorang tanpa menyentuh ponsel mereka. Plus, kalian bahkan tidak perlu melakukan panggilan mata-mata atau mengirim SMS yang mencurigakan ke perangkat target. Aplikasi pemantauan seluler berfungsi di latar belakang tanpa memberi tahu orang yang dituju.

Salah satu aplikasi peretasan seluler semacam itu adalah Xnspy, yang memberi Anda akses ke hampir semua yang tersimpan di perangkat target. Setelah berlangganan, Anda dapat menginstal aplikasi pada perangkat target dari jarak jauh. Aplikasi ini bekerja di latar belakang dan tidak menghabiskan banyak baterai. Aplikasi mata-mata seluler mengakses semua informasi tentang aktivitas online dan offline dari orang yang dipantau dan mengunggahnya ke akun penggunanya. Ini dapat bekerja dengan semua perangkat yang menjalankan Android dan iOS.

Penutup

Dengan berkembangnya internet, alat peretasan telah menjadi lebih maju. kalian dapat meretas telepon dengan mengirim SMS atau menginstal aplikasi pelacakan dari jarak jauh. Apa pun cara yang kalian  pilih, kalian bisa mendapatkan akses ke telepon seseorang tanpa memberi tahu mereka.

Mail-kun
Mail-kun Apa ya?

No comments for "Bagaimana hacker meretas smartphone menggunakan sms"

Berlangganan via Email